Trik Mengatasi Printer Error atau Bermasalah

Advertisement
mengatasi printer errorPada kesempatan kali ini, kartolocyber akan membahas bagaimana cara mengatasi printer yang bermasalah atau error. Ini bisa dibilang sebagai P3K untuk memperbaiki printer sendiri. Tentunya sebelum kita bawa ke tukang service printer. Karena biayanya diatas 50.000. Rata - rata kerusakan printer dan plotter itu hampir sama, walaupun tipe nya berbeda. Seperti canon pixma, epson stylus, hp, semuanya bisa dibilang hampir sama kerusakannya. Baik kartridge ataupun pengisian tinta. Nah, berikut ini tips mengatasi printer bermasalah atau error sendiri.

Yang pertama, Printer blinking/lampu berkedip artinya printer sedang bermasalah. Kejadian seperti itu akan sangat mengganggu aktifitas printing anda. Lampu indikator printer blinking dapat disebabkan pengisian tinta anda berlebihan, port cartridge terkena tinta, sensor printer rusak atau cartridge anda telah rusak. Banyak masalah seputar printing baik printer biasa, digital, plotter designjet, dan sebagainya.

Solusinya :

1. Kelebihan tinta
Sedot saja kembali tinta yang mbludak dan bersihkan headnya dengan tisue basah.

2. Port cartride basah
Bersihkan dengan tisue kering atau kain yang halus.

3. Sensor port printer rusak
Silahkan beli printer baru. Karena harga sensor tidak begitu jauh dengan harga printer, itupun belum tentu ada.

4. Kartridge rusak
Jika cara 1 & 2 tidak berhasil berarti kartride anda telah rusak. Silahkan beli yang baru.

Kartridge kering karena lupa mengisi terkadang juga akan menjadi masalah, karena meskipun telah diisi ulang tapi hasil tidak sempurna karena head berkerak. Solusinya adalah rendam head kartride anda dengan air panas sedalam kurang lebih 1/2 cm sekitar 1/2 jam, kalau perlu tiup dari lubang atas. Atau dapat juga anda rendap di cairan alkohol sebagai pengganti air panas. Jika cara itu tidak berhasil, bawa saja ke bengkel, karena bengkel punya alat penyedot kusus untuk mengatasi masalah itu.

Beberapa pabrikan printer merancang cartride dan printer hanya dapat digunakan untuk jangka atau jumlah pencetakan tertentu, sehingga jika telah mencapai titik batas, printer tidak dapat digunakan lagi. Karena di dalam printer dipasang cip khusus untuk merekam semua perjalanan printer anda. Solusinya, jika software printer anda sudah terpasang silahkan anda remove. Cabut semua kabel printer ke CPU. Siapkan CD Drive printer anda. Kemudian pasang kembali kabel printer anda tadi ke CPU, beberapa saat komputer meminta drive, pada saat itu masukkan CD drive anda ke CD room, setelah drive printer anda terinstall segera keluarkan CD drive anda, dg tujuan software pendukung printer yg lain tidak terinstall. Jika sudah terlanjur procesing, tunggu sampai wisaya yg menampilkan cancel dan next, silahkan klik cancel dan keluarkan CD drive anda.

Jika langkah diatas tidak berhasil, cabut kembali kabel printer anda. Selanjutnya pencet tombol on off printer anda dan tancapkan kembali kabel printer, tahan pencetan tadi 10-15 menit dan lepas. Tindakan itu akan mereset printer anda sehingga memori cip akan terhapus.

Jika masih belum berhasil silahkan anda bawa ke bengkel. Bengkel komputer punya software khusus untuk mereset cip printer anda. Jika semua langkah di atas tidak berhasil silahkan ke toko printer terdekat.

Tips:
Jika anda membawa printer dengan kendaraan sepeda motor, lepaskan cartride anda dan taruh di tas atau saku. Bila perjalanan jauh, lebih baik anda sedot dulu saja tintanya. Jika tidak ingin kartride anda rusak/mati.

Demikian artikel tentang trik mengatasi printer yang bermasalah. Mudah-mudahan printernya, plotter designjet bisa normal kembali. Oh, ya, ini artikel tentang cara mereset printer sendiri. Siapa tahu berguna juga.

Semoga bermanfaat.


Advertisement
Trik Mengatasi Printer Error atau Bermasalah | KartoloCyber | 5

3 comments:

  1. kalo masalah hasil print out njlaret/bergaris(mgkn hanya satu warna) bgmn cr mengatasinya? trmksh.

    ReplyDelete
  2. saya menyuntik tinta, tapi kepenuhan hingga keluar tintanya, setelah saya bersihkan dan saya pasang ke printer HP deskjet, awalnya masih bisa print, tapi setelah 4 lembar, tiba2 printernya gk bisa ngeprint, jadi apa yg saya harus lakukan supaya bisa menggunakan printer saya lagi?

    trims ^^,

    ReplyDelete
  3. jujur saya masih kurang dong untuk masalah printer
    masih sulit kalo suruh ngurusin print yang eror

    tp adanya artikel ini semoga saya bisa belajar dan memperbaiki print dengan sendiri

    makasih

    ReplyDelete