Cara Membuat Related Post pada Blogger

Advertisement
Update : apabila kode tidak bekerja silahkan baca trik related post blogger part 2

Kali ini kartolocyber akan berikan blogspot tutorial tentang cara membuat related post pada blogger yang beda dari yang lain. Tentunya anda semua sudah sangat mengerti apa manfaat related post pada blog anda. Ya, untuk meningkatkan pageviews blog anda saat pengunjung datang membaca artikel anda. Disini related post berguna untuk menarik pengunjung berdasarkan artikel yang mereka baca yang berkaitan dengan kategori artikel itu. Atau biasanya disebut "related post by category". Tutorial cara membuat related post pada blog kali ini memang sengaja saya buat, karena ada blogger yang me request tutorial ini. Kebetulan saya sudah mencobanya pada blog saya ini dan memakainya sampai sekarang. Script related post ini memang saya taruh tidak jauh dari footer artikel, dikarenakan pengunjung afar bisa lebih mudah melihatnya.

Baiklah, langsung saja, inilah tutorial blog, cara membuat related post pada blogger. Ikuti petunjuknya:

Step - By - Step tutorial related post:

  • Login pada akun blogger anda.
  • Pergi ke Tata Letak > Edit HTML.
  • Bila anda takut terjadi error, template bisa anda backup lebih dahulu.
  • Pastikan centang "Expand Widget Templates".Cari tag pada script template anda.
  • Tambahkan kode ini sebelum tag tadi.

  • Selesai. Simpan Template anda.

*Perhatian:

1. Untuk mengubah tampilan jumlah related post, anda bisa mengganti sendiri max-results=10 menjadi max-results=5 dan lain - lain.

2. Untuk mengubah gambar bullet ini dengan gambar lain yang anda suka dengan ukuran 16x16 pixel.

3. Anda juga bisa mengubah sendiri kode warna pada CSS tadi dengan warna yang sesuai dengan blog anda.

Demikian blog tutorial related post dari kartolo. Semoga bisa bermanfaat bagi blog kawan - kawan sekalian. Bila ada pertanyaan, langsung saja komen. Apabila ada kesalahan silahkan anda ralat, karena saya menerima kritik dan solusi dari kawan - kawan semua terkait hal yang saya tulis dalam blog saya ini.

Semoga bermanfaat,
Advertisement
Cara Membuat Related Post pada Blogger | KartoloCyber | 5

49 comments:

  1. wah saya praktekan untuk web blogspot saya mas :) thank for sharing ya mas salam kenal

    ReplyDelete
  2. ciip....

    tukeran link yuk...

    www.afoed99.blogspot.com

    Thanks

    ReplyDelete
  3. Ada yang lebih mudah lagi gak?
    biar langkah2nya sudah sangat menuntun tapi rasanya kok malas ya ngutak-ngatik HTML hehehe

    Ya mungkin nanti kalo udah ada niat ngutak-ngatik HTML dan tentunya waktu.

    ReplyDelete
  4. thx banget gan.... u r the man!!! :D

    ReplyDelete
  5. tukeran link boss
    http://technolike.com

    ReplyDelete
  6. Mas, salam kenal

    mau tukeran link

    nama : Free Manga Download
    link : http://MyFreeMangaDownloadCollection.blogspot.com

    Link mas sdh saya tambah di Friends Link list, tolong link balik nya..

    makasih

    ReplyDelete
  7. makasih yagh mas...
    uda berhasil nih saya praktekin s

    ReplyDelete
  8. kok ga keluar posting sebelumnya di related post nya .. malah keluar tag nya .. hihihihi .. padahal udah sama kaya tuntunan .. kenapa ya .. theme ga mendukung?

    ReplyDelete
  9. saya kemarin pakai tutorial diatas, tapi nggak nongol mas, yang nongol cuma tulisan "related Post", sedangkan 5 buah link nya nggak nongol di bawah tulisan "related post" tsb, mungkin template saya tidak mendukung.

    Ada tutorial lain (pada blog: marchsya.blogspot.com), pada tuturial beliau, saya lihat tidak perlu di kasi kode sebelum tag "< / head >", langsung aja kode di taruh di bawah "< data:post.body / >", dan nampaknya dapat bekerja dengan baik pada tempalte saya.
    Mungkin masing-masing template memiliki karakteristik yang berbeda. panduan pada artikel berikut, cocok untuk template saya;

    marchsya.blogspot.com/2009/05/cara-membuat-related-post-pada-blog.html

    -------------

    ReplyDelete
  10. Sdh sy coba tutorialnya, tp kok g nongol ya.... Apa yg salah dg template sy, Pak?

    ReplyDelete
  11. trims bro informasinya

    salam kenal dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  12. ok sob..
    btw link sudah ane pasang
    dicek ya ke tkp :))

    ReplyDelete
  13. terima kasih mas infonya saya senang dan info yang diberikan

    ReplyDelete
  14. terima kasih infonya...tukar link mas...

    ReplyDelete
  15. ane sdh ikuti smua ptunjuknya mas, tapi masih gax bisa2...
    gimna tuh..
    ane buth pencerahan..
    :D

    ReplyDelete
  16. sama nih qw juga g nongol malah judul labelsny aja. ya binggungdeh!

    ReplyDelete
  17. ga berhasil...ternyata ga ngefek ke blog saya

    ReplyDelete
  18. saya gak nemu kode <div class='post-body> atau yg seperti itu. semua kodenya bener2 beda. Gimana ya? Any suggestion??

    ReplyDelete
  19. Makasih kang, postingannya sangat membantu...

    ReplyDelete
  20. akhirnya ketemu yang betul-betul meyakinkan.........

    ReplyDelete
  21. ooops! trims infonya mas...!
    kabar2 ya klo ada yang lain..!
    Nitip mas..! http://www.komunitasislam.co.cc

    ReplyDelete
  22. Maknyuz gan.,., bermanfaat bgt!! Tq

    ReplyDelete
  23. mas ko di blog saya blum bisa tampil ya....kira2 masalahnya apa....

    ReplyDelete
  24. idem sama @aurora :D
    yg keluar malah labelnya bukan judul dari label tersebut. hehehe

    kayanya banyak yang senasib nih :D

    ReplyDelete
  25. thanks sobat, atas info bergunanya

    ReplyDelete
  26. punya saya juga ga muncul mas...?
    http://haydibeyler.blogspot.com/

    ReplyDelete
  27. saya udah coba tapi kok tidak bisa

    ReplyDelete
  28. wah msih bingung gan mslahnya aku hrus ngehapus related post yg lama(yg gagal)....jadi pas Copas gagal melulu..gan
    tolong kasih tau ok..
    mkasih
    Tuker link gan... http://deeqmujadid.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. makasih,,,

    kartolocyber.blogspot.com


    kunjungi kami

    http://newhomemoderndesign.blogspot.com/

    ReplyDelete
  30. sy udah coba kok g bisa y om?
    pas cari kode ada 4 biji,trs taruhnya yg mana ya?sy bingung nih masih newbie

    ReplyDelete
  31. thank you very much...please follow my site.....???okay

    ReplyDelete
  32. Saya menawarkan Jasa Cepat Pembuatan Akun Google Adsense. Pengerjaan Max 1-2 hari. Pembayaraan dilakukan setelah akun Google Adsense jadi. Jika berminat silahkan kirimkan data-data anda via SMS ke nomor 085729006098 untuk bisa kami proses.Terima Kasih

    ReplyDelete
  33. wahhh. sangat bermanfaat sekali artikelnya mas.. tingkatkan. saya sendiri baru memulai blogging. (newbie) hhe


    Kumpulan kata-kata mutiara cinta dan bijak

    ReplyDelete
  34. kok option related postnya nggak keluar ya? btw tukeran link yuk
    http://my-xbox360.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. Thx bgt infonya mas...
    kunjungi juga ya blog saya..
    http://adi-sabit.blogspot.com

    ReplyDelete
  36. makasih bos buat tutornya.
    kunjungan awal,salamkenal boleh kan tuker link

    anchor : joyodrono
    Url : http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com

    link mas kartolo udah saya psang di blogroll

    ReplyDelete
  37. Terima kasih tipsnya bro, ane baru buat ne..
    numpang link ya mas bro...
    www.clickbank-store.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. makasih pak kartolo ciber
    mohon maaf tanpa ijin saya numpang link.
    http://rahasiapriaperkasa.blogspot.com

    ReplyDelete
  39. trimakasih infonya jadi bisa buat related post ni... http://mbahyar.blogspot.com

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. makasih banget atas infonya Pak Kartolo, ternyata widget related post disini lebih menarik.mohon ijin untuk dipraktekin di blog saya ya Pak Kartolo.

    http://rumahobattradisional.blogspot.com

    Namun saya anak baru belajar...

    ReplyDelete
  42. tukaran link y mas. hehe
    http://gugahhati.blogspot.com/

    ReplyDelete
  43. thanks atas bantuannnya brow...

    ReplyDelete