Cara Mengakali Telkom Speedy Yang Lambat

Advertisement
Berlangganan internet broadband, bagi sebagian orang saat ini (bulan April 2008) mungkin masih sebuah barang yang mewah. Paling murah ke warnet (warung internet, cybercafe). Tapi Warnet juga punya kekurangan, kurang homy dan crispy. Alternatifnya adalah menjadi langganan layanan internet broadband Telkom Speedy. Namunnnnnnn. Ini ada namunnya. Lantaran broadband Telkom Speedy yang laris manis bak kacang goreng, maka kecepatan transfer data download (downstream) dan upload (upstream) tidak stabil.

Bagaimana mengakalinya agar mendapat layanan optimum dari telkom speedy. Ini kiatnya. Ada beberapa teknik untuk bisa mengakali agar internet telkom speedy, bisa speedy. Maksudnya bisa lebih cepat aksesnya. Perhatikan tips di bawah ini.

1. Pilih browser opera

Gunakan browser yang mendukung penyimpanan data browsing dengan baik. Pilihan pertama jatuh ke browser opera. Jangan lupa untuk mengeset cache datanya agar besar. Kehebatan Opera adalah menyimpan hasil browsing anda ke komputer sehingga anda tidak melulu mendownload terlalu besar. Dengan begitu telkom speedy tidak terlalu rakus untuk meng-capture semua data dari server. Cukup melaporkan status cache dan update datanya.

Misalnya anda seringkali menggunakan layanan detik.com, yahoo atau gmail.com. Maka file-file hasil download semisal gambar, file animasi, file html, akan di-cache (disimpan dengan baik). Penghematan bisa mencapai 50%. Sehingga kecepatan pun bisa bertambah. Kalau begini telkom speedy akan maknyus kecepatannya, melebihi layanan broadband lainnya.

2. Gunakan browser mozilla firefox

Browser ini juga bagus untuk akselerasi. Malah ada beberapa plugin dan extensions (aplikasi tambahan) yang bisa mempercepat download data. Mau lebih cepat lagi bisa ditambahkan dengan plugin fasterfox, Adsblocklist (ABP), Noscripts dan block Flash. Semua plugin tersebut bisa menambah kecepatan telkom speedy hingga 30%. Mau coba.

3. Hindari jam sibuk.

Jam sibuk orang berinternet adalah 09.00-17.00 Wib. Sebaiknya hindari berinternet pada jam itu. Namun bila terpaksa gunakan mode tanpa image. Bagi muslim bisa melakukan aktivitas browsing setelah sholat shubuh. Pada jam itu, internet masih tertidur. Kecepatan lumayan bagus.

Pada jam sibuk, telkom speedy bisa dimonopoli oleh kantor atau korporat yang mengambil bandwith yang besar. Sementara pengguna rumahan (home user) telkom speedy, sering kehabisan jatah bandwith. Akibatnya pada jam sibuk (bussines hours) pengguna telkom speedy rumahan terlewatkan begitu saja. So, kalau tidak terpaksa, mendingan akses telkom speedynya lain waktu saja. Mungkin malam atau sore.

4. Menggunakan aplikasi download manager yang time switchable

Pada aplikasi seperti download accelerator manager, internet download manager, getright dan sejenisnya, proses downloading browser bisa diset waktunya. Jadi tinggal di set waktunya untuk download maka aplikasi ini akan bekerja pada set yang diset misalnya jam 24.00 (12 malem) - 07.00 (pagi). Dengan menge-set waktu download internet, maka telkom speedy bisa diatur jadwal downloadnya. Sehingga waktu menggunakan telkom speedy saat mengakses internet tidak melulu dijam-jam sibuk. Dengan time set seperti ini menghindari ketidakstabilan waktu download. Pengguna telkom speedy bisa santai dan aman saja menggunakan internet.

5. Gunakan Onspeed

Ini adalah software yang banyak direkomendasikan pengguna internet kelas advanced. Pemakai internet pintar ini puas akan hasil kerja dari software ini. System kerja dari software ini melakukan kompresi layanan data web sehingga menjadi lebih kecil. Dengan tingkat kompresi 3-8 kali lipat, data hasil kompresi ini akan sampai ke klien komputer. Bayangkan saja kalau kita mengakses satu halaman (page) detik.com di bagian depan, itu besar halamannya adalah sekitar 500 kb. Setelah dikompress dengan bantuan speedy menjadi 200 Kb. Data sebesar ini yang akan sampai di kita lewat jalur internet. Banyak pengguna yang mengacungkan jempol. Tapiiiiii. Software ini berbayar untuk layanannya. Mau tahu silakan kunjungi http://onspeedindonesia.com/.

Saya akan membuat review situs ini. Nanti. Kalau mau tau silakan daftar ke langganan berita di situs saya di sebelah kanan ini. Jadi nanti kalau saya update artikel baru akan dikirimkan ke mailbox anda.

Saya akan mengirimkan artikel-artikel yang lebih bagus. Jadi sering-seringlah berkunjung ke situs ini.

Salam

Advertisement
Cara Mengakali Telkom Speedy Yang Lambat | KartoloCyber | 5

5 comments:

  1. payah..
    speedy 3 bulan pertama (masa diskon promo 40%, saya pasang november lalu) - lancar banget. kecepatan download mpe 100 kbps
    sekarang udah masa full bayar malah ancur jadi cuma 2 kbps.
    bisa tolong jelaskan mengapa dan bagaimana mengatasinya?

    ReplyDelete
  2. Memang Speedy itu sering sekali membuat kesalahan yang seharusnya tidak perlu. Saya juga pernah. Akhirnya saya berhenti. Coba anda konfirmasi ke Telkom untuk penjelasan yang lengkap.

    ReplyDelete
  3. jebol aja sapidi warnet!! ato jadi operator warnet, masangnya memang mahal tapi klo kita jadi operator warnet nanti kalo internet udah kayak dibayarin (klo ada pengunjung.. unlimited 1 bln speedy = 750.000 ato 1.750.000) kita internet mereka bayar!!

    ReplyDelete
  4. weleh2.. itu emank warnet atu kang.. kan blm byr yg laen2.. :(

    ReplyDelete